CAPAIAN PEMBELAJARAN

A. Sikap
  1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika.
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila.
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
  9. Menjunjung tinggi nilai, norma dan etika akademik.
  10. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  11. Menginternalisasi nilai-nilai serta semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
  12. Memahami dirinya secara utuh sebagai pendidik.
B. Pengetahuan
  1. Menguasai teori dan konsep pengetahuan dalam bidang Pendidikan Geografi
  2. Menguasai isu terkini tentang pengetahuan dalam bidang Pendidikan Geografi dan penerapan teori disiplin lain yang relevan
  3. Menguasai isu terkini terkait dengan kebijakan pendidikan dan implementasinya
  4. Mampu mengembangkan sistem pembelajaran kurikuler, kokurikuler dan ekstra kurikuler dalam bentuk model yang inovatif, original, dan teruji
  5. Mampu mengkaji berbagai konsep pengetahuan dalam Geografi untuk mengembangkan strategi pembelajaran yang lebih efektif melalui pendekatan interidisipliner dan multidisipliner
  6. Mampu melakukan kajian terhadap kebijakan atau implementasi kebijakan di bidang pendidikan melalui pendekatan interdisipliner dan multidisipliner
  7. Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam bidang Pendidikan Geografi melalui penelitian ilmiah serta menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajiannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk skripsi
  8. Mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian untuk menjamin kesahihan dan menghindarkan plagiasi
  9. Meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri.
  10. Mengidentifikasi bidang ilmu Pendidikan Geografi yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan inter atau multi disipliner.
C. Keterampilan Khusus
  1. mengevaluasi/asesmen pembelajaran geografi dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar berbasis IPTEKS.
  2. Mampu memformulasikan data dan informasi geosfer baik aspek fisik maupun aspek manusia untuk pembelajaran dan penelitian geografi
  3. Mampu menentukan solusi permasalahan bumi sebagai sistem dengan menggunakan teori, pendekatan, prinsip Geografi untuk pengambilan keputusan secara bijak dan meningkatkan literasi geografi.
  4. Mampu mengolah, menganalisis, menyajikan data dan informasi geosfer dengan menggunakan teknologi geospasial untuk pembelajaran dan penelitian geografi.
  5. Mampu menerapkan teori kewilayahan untuk perencanaan dan pembangunan wilayah secara berkelanjutan.
D. Keterampilan Umum
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, disiplin, bermutu, dan terukur
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni
  4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk karya tulis ilmiah kegeografian, skripsi, dan artikel ilmiah lainnya yang dipublikasikan dalam jurnal cetak atau online
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya
  7. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin keaslian dan mencegah plagiasi.